top of page

Screen Scraping dengan RPA UiPath : Solusi Migrasi Data dan Integrasi Legacy System


screen scraping rpa uipath

Apakah Anda menghadapi tantangan untuk mentransfer data dari legacy system (sistem yang sudah usang dan tidak memiliki API yang dapat diakses)? Apakah Anda bimbang antara menghabiskan berjam-jam untuk entry data manual atau mencari ahli dalam bahasa pemrograman yang hampir usang seperti Cobol?


Beruntungnya, dengan Robotic Process Automation (RPA) dan Screen Scraping Software dari UiPath, kita dapat membuat alur kerja screen scraping otomatis dalam beberapa menit saja. Alih-alih menghabiskan waktu untuk memindahkan data secara manual antar sistem, kita dapat fokus pada pembuatan proyek otomatisasi berikutnya sementara software robot secara efisien menangani proses migrasi data.


Apa itu screen scraping?


Screen scraping (sebagai bagian dari data scraping) merupakan proses pengambilan data secara programatik yang ada pada layar (baik dari aplikasi, halaman web, terminal, atau dokumen) untuk ditampilkan atau digunakan dalam sistem lain. Screen scraping sering memungkinkan aplikasi modern mengakses data dari legacy system yang tidak menawarkan API atau cara lain yang layak untuk mengakses sumber data.


Keuntungan screen scraping


Screen scraping menyediakan akses cepat dan akurat ke data yang kompleks, memakan waktu, atau tidak mungkin diakses melalui API tradisional dan data integration. Keuntungan umum lainnya termasuk:

· Akses cepat dan hemat biaya ke data tervalidasi untuk menguji konsep atau merespons kebutuhan bisnis baru, tanpa menunggu development yang rumit

· Memperpanjang umur aplikasi warisan melalui pemanfaatan data yang mendasarinya secara modern

· Mengotomatiskan proses pengumpulan data manual, menghemat waktu dan meningkatkan akurasi dan konsistensi


Perusahaan dapat menggunakan screen scraping dalam situasi dimana Anda tidak dapat mengakses data secara langsung. Dengan mengaktifkan ekstraksi data dari User Interface (UI), screen scraping akan berfungsi pada hampir semua interface mulai dari konsol DOS, aplikasi Win32, dan FoxPro pada tahun 1990-an hingga aplikasi Java dan .Net WinForm pada awal tahun 2000-an. Dan, tentu saja, pada aplikasi WPF dan peramban web saat ini.


Screen scraping telah menjadi teknologi berharga untuk memodernisasi proses manual yang ada dan memungkinkan layanan inovatif yang memerlukan data yang tidak mudah diakses. Screen scraping biasa di implementasikan di financial, travel, retail, and e-commerce, banyak lagi use case yang lainnya. Contohnya termasuk:


· Migrasi data dari legacy systems. Terlalu sering, perusahaan tidak dapat lagi mencari keterampilan untuk mengakses, menginterpretasikan, dan memigrasikan data dari legacy systems yang akan dihentikan. Bahkan jika Anda memiliki akses ke data yang mendasarinya, mungkin lebih nyaman dan akurat untuk mengakses data dari UI di mana logika bisnis dan aturan (yang terlupakan) telah diterapkan.


· Modernisasi aplikasi lama untuk mendukung proses baru, untuk efisiensi atau presentasi pengguna akhir dari subset data. Screen Scraping sangat membantu jika sistem inti masih berjalan pada arsitektur lama, tetapi diperlukan kemampuan baru yang lebih murah, lebih cepat, dan lebih fleksibel untuk dikembangkan menggunakan teknologi modern.


· Menggabungkan data dari beberapa situs web untuk memberikan layanan bernilai tambah, seperti alat perbandingan harga yang menemukan penerbangan atau mobil termurah untuk disewa.


· Mencari dan mengumpulkan informasi tentang tema tertentu dari berbagai situs web, seperti social media dan reputation channels, untuk brand management.


· Mengekstrak informasi dari situs web pihak ketiga yang tersedia untuk umum di mana kita tidak memiliki akses ke API untuk menggabungkan, menganalisis, dan mendorong market research atau lead generation decisions.


Bagaimana cara kerja screen scraping di UiPath?


Screen scraping adalah komponen inti dari UiPath RPA. UIPath studio menyediakan lingkungan Integrated Development Environment (IDE) berfitur lengkap yang memungkinkan Anda merancang automation workflow melalui drag-and-drop editor secara visual. Menggunakan kombinasi recorder, screen scraper wizard, dan web scraper wizard, kita dapat mengotomatiskan langkah manual yang diperlukan untuk menghapus data dari aplikasi atau halaman web apa pun dalam beberapa menit tanpa menulis program apa pun.


sources:

bottom of page